SEHAT DAN SEJAHTERA

Bergabunglah bersama kami membangun Manusia, bangun sikap, bangun pola fikir, bangun karakter dan bangun kesejahteraannya.(visi bersama Tiens)

Monday, November 28, 2005

Belajar Cash Flow Quadrant

CASH FLOW QUADRANT

Bagaimana sudahkah anda memikirkan kehidupan anda ?

Pernah anda membaca buku Cash Flow Quadrant karangan Robert T. Kiyosaki, yang menceritakan tentang 2 Quadrant.

Quadrant 1 adalah kuadrant untuk Active Income, dimana kuadrant ini ANDA bekerja untuk UANG, semua waktu, tenaga dan pikiran anda dicurahkan untuk mencari yang namanya uang.Pergi pagi pulang malam, anda bekerja karena anda diharuskan untuk bekerja, bukan karena keinginan anda, seharusnya saya bekerja karena keinginan saya. Pada posisi ini adalah Self Employee dan Employee, Self Employee seperti orang yang bergelut dalam profesi spesialisasi seperti dokter, pengacara, hakim, dll. Jika seorang dokter tidak menangani pasiennya maka ia tidak dapat uang. Sedangkan Employee adalah buruh, karyawan, pekerja pada perusahaan, mereka harus bekerja, jika ingin tetap hidup, dan dapat gaji setiap bulannya.

Quadrant 2 adalah kuadrant untuk Passive Income, dimana kuadrant ini UANG bekerja untuk ANDA, mungkin anda akan bertanya Mana bisa ?. Tentu Bisa, karena yang anda bangun adalah Asset (uang yang masuk kantong anda).Sehingga setelah 2 s/d 5 tahun membangun Asset, Asset anda akan bekerja untuk anda atau menghasilkan uang untuk anda. Tipe kuadrant ini adalah tipe peBisnis dan Investor. Bisnis ada 3 yaitu bisnis konglomerasi, frainchise, dan Network Marketing. Bisnis Konglomerasi dan frainchise membutuhkan modal yang sangat besar sedangkan Network Marketing (personal friainchise) murah, mudah, fleksibel.

(selanjutnya silahkan baca buku acuan tadi--sangat bagus untuk anda)

Informasi ini saya sampaikan kepada anda untuk memperkenalkan bahwa anda jangan terjebak dalam rutinitas yang membosankan dan milikilah visi kedepan.

Misal :
- jika anda sekarang pelajar/mahasiswa tugasnya adalah belajar saja di sekolah, kini perlu di ubah, kenapa kita tidak berbisnis dalam rangka belajar. Ingat !!! saat ini banyak pengangguran yang ada tidak terserap oleh industri kerja.Kenapa tidak anda memiliki bisnis sendiri yang go public dan internasional.
Beberapa mahasiswa di Bandung memulai bisnis di tianshi ketika masih mahasiswa, sebagian sudah mendapatkan income bahkan mendapatkan luxury car (BMW) dari Tianshi, sebuah penghargaan dari bentuk pembelajaran di Tiens.Mereka tidak mengharapkan lagi yang namanya mencari kerja, income mereka bahkan melebihi dari gaji seorang direktur di Jakarta.

- jika anda seorang pekerja/profesional/buruh/guru cobalah miliki pekerjaan tianshi dilakukan secara part time, dan ini sudah dibuktikan banyak orang sibuk dapat sukses dibisnis ini.

Bagi anda yang terlilit dengan kesulitan, atau sudah nyaman dengan pekerjaan anda saat ini (mungkin sebagian was-was di pecat), sudah saatnya mulailah membangun bisnis anda saat ini juga.Kecuali kehidupan yang anda inginkan adalah kehidupan yang biasa-biasa saja seperti layaknya orang biasa bukan orang Luar Biasa.

Ingat bagaimana Thomas Alpha Edison memulai bisnisnya harus melampaui 99999 proses mencapai sukses, dan 1 menggenapkan kesuksesannya membuat lampu.
Belajarlah dari mereka, jangan memperkecil diri seperti perkataan : saya tidak bisa, saya tidak mampu, gak bisa ngomong, kurang PD dll, semuanya itu dapat dilatih dan anda lah yang menentukan.